Panduan Singkat Aplikasi GPS Tracker

Berikut ini adalah panduan atau keterangan singkat mengenai aplikasi GPS Tracker yang kami gunakan untuk melayani pelanggan. Aplikasi ini merupakan versi PRO yang mampu mengakomodir kebutuhan manajemen banyak armada, namun tanpa ada lagi biaya bulanan yang memberatkan.

A-GPS : Sistem Assisted GPS yang ada pada alat pelacak menawarkan solusi akurat dengan menggabungkan sistem GPS dan layanan GSM (Global System for Mobile Communications). Layanan ini juga berguna untuk dapat menjembatani kekurangan dan kelebihan GPS dan LBS (Location Based Service). Ketika kondisi sinyal GPS tertutup atau lemah (invalid signal), A-GPS masih berfungsi otomatis mengkalkulasi data fix dengan menggunakan algoritma operator GSM meski toleransi radiusnya lebih luas dibandingkan dengan data langsung dari satelit GPS.

Saat ini setidaknya ada 24 satelit GPS (atau lebih) yang mengorbit bumi, minimal tiga (3) satelit diperlukan untuk memberikan informasi valid Latitude (lintang) dan Longitude (bujur). Lalu untuk mendapatkan informasi Altitude (ketinggian), minimal empat (4) yang diperlukan. Dalam kondisi sinyal GPS tertutup atau lemah seperti di basement, lorong panjang, atau hutan lebat, alat GPS akan tetap berfungsi untuk mencari dan membentuk data fix melalui jaringan / operator GSM dan mengambil titik alamat GSM Base terdekat. Data ini tidak terlalu akurat dan ditandai dengan keterangan Invalid agar pengguna menyadari kondisi ini.

Hal yang perlu diperhatikan pengguna GPS Tracker adalah kondisi baterai dan pulsa GSM/GPRS tidak boleh kosong karena alat akan berhenti mengirim data terbaru (data update). Baterai internal bekerja 10 sampai 40 jam. Alat GPS akan otomatis bekerja dan mengisi kembali baterai internal saat mesin dinyalakan. Demikian juga alat akan bekerja kembali ketika pulsa terisi.

Pelacakan/Monitoring (Tracking System)

1. Via Web Application
Masuk ke Alamat Website dan masukkan user ID dan password.

Keterangan singkat pada Aplikasi Web :

  1. Status Active / Inactive menerangkan kondisi input yang dipasang. Misalnya dipasang untuk menerangkan kondisi mesin mati (Inactive) atau hidup.
  2. Jendela menu Command pada aplikasi berguna untuk memberi perintah pada alat GPS. Misalnya untuk merubah Time Interval Update, Set Speeding Alarm, dll.
  3. Jendela Updates menampilkan data yang terkirim dari alat GPS.
  4. Jendela Status menampilkan informasi alat GPS seperti:
    • Latitude/Longitude : bentuk data desimal satelit dari lokasi/posisi alat GPS.
    • Fix Valid/Invalid : Indikator jumlah minimum (3) satelit GPS yang diterima.
    • GSM Signal : Sinyal GSM (0~31). Mulai angka 5 akan semakin baik.
    • Engine : Status mesin hidup / mati.
    • HDOP : Horizontal Dilution of Precision (0.5-99.9) Nilai kecil dibawah 8 lebih bagus daripada nilai besar. Nilai HDOP kosong jika tidak ada data fix yang terbentuk.
  5. Menu Manage – Admin untuk melihat nomor SIM/GSM, mengganti password pada alat GPS. Namun hati-hati untuk merubah fungsi lainnya sebelum memahami betul cara penggunaan aplikasi GPS Tracking System dan pengaturan pada alat GPS.
  6. Menu System untuk pengaturan bahasa dan tampilan aplikasi web.
  7. Menu Reports untuk melihat laporan parkir, history perjalanan, alarm aktif, dan lainnya.
  8. Menu lainnya seperti POI untuk menandakan lokasi/tempat singgah tertentu, lalu Manual Location Search untuk melihat posisi data Longitude Latitude pada peta dan menu Get Directions untuk mencari rute terbaik bagi perjalanan anda.

2. Via SMS / Call
Dengan melakukan panggilan/menghubungi nomor GSM alat GPS, HP anda akan direspon dengan data SMS yang formatnya sbb:
Now,110727 02:48,V,16,23Km/h,61%,http://maps.google.com/maps?f=q&hl=en&q=22.540103,114.082329&ie=UTF8&z=16&iwloc=addr&om=1

Keterangan :

  • Now adalah kondisi saat ini
  • 110727 02:48 adalah Tanggal dan Jam
  • V adalah GPS Status Indicator Valid/Invalid
  • 16,23Km/h adalah Kecepatan
  • 61% adalah Battery Power
  • http://maps adalah Link URL. Jika HP memiliki fasilitas koneksi internet, link URL tersebut bisa langsung digunakan untuk melihat posisi GPS pada Google Maps.
  • 22.540103,114.082329 adalah koordinat Latitude/Longitude GPS

3. Via Wap Application (aplikasi untuk HP / Smartphone)
Masuk ke alamat Wap Application, lalu masukkan username dan password.

Catatan:

  • Keterangan lebih lengkap cara penggunaan aplikasi bisa dibaca pada Panduan/Manual Aplikasi GPS Tracking yang ada pada CD paket pembelian GPS Tracker. Jika ada fungsi/fitur yang tidak berjalan silakan laporkan via Web Support di http://www.gpstracker.co.id/support-garans/customer-support/
  • Aplikasi Web GPS Tracker cocok digunakan untuk monitoring banyak alat sekaligus dan untuk menampilkan Report yang lengkap, sesuai dengan kebutuhan banyak armada. Sedangkan pelacakan via SMS dan WAP berguna untuk backup/pemakaian darurat dan penggunaan pribadi yang mobile.
  • Ketika kondisi kecepatan kurang dari 10km/jam lebih dari 3 menit, program akan mencatatnya sebagai aktivitas parkir.
  • Tanda seru warna merah adalah status alarm. Misalnya Alarm Low-Battery, Alarm Engine Inactive/Active (mesin hidup/mati), dan alarm lain yang diaktifkan.

Contoh Kalkulasi Pulsa GPS Tracker :

  • Misalnya anda set data update tiap interval 1 menit. Itu artinya ada 60 data per 1 jam, atau 1.440 data per hari, atau 43.200 data per bulan. Ukuran 1 kali kirim data (text) = 200 bytes. Maka total data terkirim = 43.200 x 200 = 8.640 Kbytes per bulan.
  • Jika anda set data update tiap interval 5 menit berarti anda menggunakan 1.728 Kbytes per bulan.
  • Misalnya tarif dari provider SIM Card anda adalah Rp.1 per Kbytes, maka biaya pemakaian data anda adalah Rp. 8.640,- (interval 1 menit) atau Rp 1.728,- (interval 5 menit).
  • Interval data bisa diatur sesuai keperluan. Bisa berdasarkan interval waktu atau jarak. Perlu diperhatikan, banyaknya data yang terkirim akan mempengaruhi besaran pulsa.
  • Jumlah data yang dikirim akan lebih banyak jika sensor dan pemrograman lainnya aktif. Jumlah pulsa yang terpakai juga lebih banyak jika alat mengirim data SMS (SMS Tracking) dan bukan data GPRS.

Estimasi tarif pulsa GPRS = Tarif data per Kbytes x Jumlah Kbytes

Support & Garansi: Klik disini